Dua Mahasiswa UNTAG Surabaya Ciptakan Sebuah Prototype Sistem Parkir Menggunakan Id Card Dan Informasi Area Parkir Bertingkat Di UNTAG Berbasis PLC

  Jumat, 02 September 2016 - 17:37:18 WIB   -     Dibaca: 22 kali

Dua mahasiswa Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNTAG Surabaya Dafid Yulianto dan Rudy Imam Setiawan menciptakan sebuah prototype sistem parkir menggunakan id card dan informasi area parkir bertingkat di UNTAG berbasis PLC. Sistem ini berfungsi untuk membantu memudahkan petugas parkir dalam melayani dan memantau mahasiswa yang parkir.

Dafid Yulianto mengatakan sistem ini merupakan sistem parkir otomatis yang diintegrasikan dengan RFID dan sistem penghitung otomatis yaitu LCD berbasis 7segment.

" kami menciptakan sistem parkir otomatis yang diintegrasikan dengan RFID sebagai pengindetifikasi data absensi kendaraan mahasiswa yang akan disimpan ke database dan dapat diinput melalui perangkat Rfid maupun perangkat computer. Selain itu juga memberikan sebuah sistem penghitung otomatis yaitu LCD berbasis 7segment yang berfungsi untuk menghitung kapasitas pada keseluruh area parkiran, dengan ini pengguna tidak akan kebingungan untuk memarkir kendaraannya apabila parkiran tersebut dalam keadaan masih kosong maupun penuh. " ungkapnya pada warta17agustus.com

Lanjut dia, kami telah men-Implementasikan sistem PLC dalam menggabungkan sebuah sistem RFID dengan database sebagai pengelolah data untuk mencegah duplikasi karcis parkir.

Sementara itu Rudy Imam Setiawan menyebutkan bahwa sistem parkir otomatis ini telah berhasil kami rancang untuk membantu memudahkan petugas parkir dalam melayani dan memantau mahasiswa yang parkir.

Ada beberapa langkah untuk menjalan alat tersebut, ungkap Rudy, yaitu pertama menggunakan id-card  ditempelkan di RFID untuk membuka palang pintu parkir, kedua pangguna parkir memasuki area parkir dan secara otomtis akan mengurangi kapasitas di area parkir bertingkat (terlihat di layar LCD).

" Di setiap lantai ada dua (2) Lampu indikator yang menunjukkan  bahwa adanya tempat kosong atau tidak, selanjutnya  memilih area parkir sesuai keinginan di Blok Tiap Lantai maka akan mengurangi kapasitas di tiap lantai (terlihat di layar LCD), terakhir jika pengguna parkir keluar di blok lantai maka akan mengembalikan kapasitas seperti semula dan untuk keluar area parkir id-card juga ditempelkan di RFID untuk membuka palang pintu sehingga secara otomatis kapasitas akan kembali semula. " Tutup mahasiswa semester akhir tersebut.


KOMENTAR